Sabtu, 14 November 2015

Pengaruh Media Chatting Bagi Ginerasi Muda


TUGAS
ILMU BUDAYA DASAR
PENGARUH MEDIA CHATTING BAGI GINERASI MUDA




DISUSUN       :
NAMA    : M. OKTAVIANTO
         NPM      : 13415716
KELAS   : 1TA07
FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015


BAB I

PENDAHULUAN
 
1.1 Latar Belakang
Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan, sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara berpikir manusia. Seperti adanya internet dan keberadaan chatting, blogging dan jejaring sosial dalam masyarakat, Kualitas hidup bangsa dapat meningkat jika ditunjang dengan sistem pendidikan yang mapan. Dengan sistem pendidikan yang mapan, memungkinkan kita berpikir kritis kreatif dan produktif.
Dengan adanya chatting berarti dunia teknologi semakin maju. Selain internet  sebagai sarana belajar internet juga sebagai sarana komunikasi didalam negri maupun luar negri. Didalam Keberadaan Chatting  juga terdapat dampak positif negatifnya. Dengan lebih memahami sarana jejaring tersebut kita akan lebih mendapatkan manfaatnya.

1.2 Rumusan Masalah
Dalam makalah ini penulisan mengidentifikasi masalah sebagai berikut:
    Apa pengertian Chatting? 
  Bagaimana sejarah ditemukannya chatting?
  Bagaimana etika dalam menggunakan chatting?
Apa saja dampak positif, negatif  dari Chatting?

BAB II

ISI
2.1       Pengertian Chatting

Chatting adalah suatu feature / program dalam Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama-sama menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya.Untuk dapat menggunakan fasilitas ini, kita harus menginstall software untuk chatting, salah satu software yang paling banyak digunakan saat ini adalah mIRC yang ciptakan oleh Khaled Mardam-Bey. mIRC adalah program shareware IRC client yang diperuntukan untuk sistem operasi windows. IRC atau Internet Relay Chat adalah suatu sistem yang memungkinkan orang diseluruh dunia menggunakan media internet sebagai tempat untuk saling berkomunikasi dengan cara mengetikkan pesan dari keyboard komputer. Didalam IRC tersedia banyak channel (chat room) yang terdiri dari bermacam-macam topik pembicaraan. Tidak ada batasan berapa orang yang boleh memasuki suatu channel tertentu. Dan setiap orang juga bebas untuk keluar dari channel tertentu.




2.2       Sejarah Chatting
            Dimulai sebagai real time chatting sederhana program di tahun 1960 sebelum Internet pernah ada. Internet Relay Chat dikembangkan pada akhir 1980-an dan merupakan jenis obrolan bahwa semua pengguna komputer kebanyakan akrab dengannya. Internet relay chatting memulai dengan hanya kira-kira dua belas user pada server 38.  Sementara obrolan mungkin mulai dengan langkah lambat, sekarang salah satu aktivitas online paling populer untuk melakukan menggunakan internet dan pesan teks.

Referensi pertama dari chatting yang pernah terjadi sebenarnya di tahun 1960.Begitu jaringan telah tersambung, yang lain mulai menciptakan mereka sendiri juga, yang menyebabkan 40 server di seluruh dunia pada tahun 1989.
Referensi pertama dari chatting yang pernah terjadi sebenarnya di tahun 1960. Meskipun internet belum dikembangkan lagi, ada real time chat untuk program yang di izinkan pengguna yang terhubung dengan ke komputer yang sama untuk chatting dengan satu sama lain. Pesan hanya dapat dikirim ke dua pengguna pada satu waktu. Para pengguna komputer harus tahu apa alamat dari komputer itu, meskipun,untuk
mengirim pesan.

Internet relay chat di ciptakan pada tahun 1988 oleh jarkko “Wiz” oikarinen. Dia dirancang server obrolan pertama saat bekerja Di universitas Oulu, Finlandia di departemen ilmu informasi pengolahan. obrolan pertama adalah nama server tolsun.oulun.fi.jarkko kemudian mulai menghubungi teman-teman lainnya untuk membuat server juga. Universitas perguruan tinggi lainnya segera kemudian mulai membuat server sendiri juga. Jarkko segera menghubungi server untuk membuat jaringan pertama. begitu jaringan telah tersambung, yang lain mulai menciptakan mereka sendiri juga,yang menyebabkan 40 server di seluruh dunia pada tahun 1989.

2.3       Etika Chatting
1. Gunakanlah bahasa yang sopan.
2. Jangan menggunakan huruf
kapital.
3. Jangan melakukan spam.
4. Jangan menggunakan warna yang mencolok.
5. Jika orang lain mengajak kita berbicara tentang topik yang tidak kita suka
tolaklah dengan cara yang halus.
6. Hindari pertengkaran atau perdebatan yang sengit.

7. Jika kita mendapatkan kata-kata kasar atau tidak senonoh, sebaiknya kita jangan
    melayaninya lagi dengan kata-kata yang sama.

 


2.4 Dampak Positif dan Negatif  Adanya Media Chatting

Dampak Positif:
1. Sarana
komunikasi yang murah dan efisien
2. K
omunikasi secara cepat
3.
Sarana belajar dan diskusi
4. Bisa menambah wawasan karena
adanya artikel artikel pembelajaran
5. Mendapatkan teman baru

Dampak Negatif
1. Tingkat kesopanan menurun
2.
Menjadi lebih pasif dalam pergaulan di dunia nyata
3.
Mengharuskan pengguna untuk selalu online
4.Menyebabkan ketagihan
5. Menghentikan produktifitas bila dilakukan secara berkala




BAB III

PENUTUP
3.1  Kesimpulan

Chatting adalah suatu program yang diciptakan untuk melakukan komunikasi secara langsung/tanpa harus bertatap muka dengan media teks.Chatting memiliki beberapa jenis dengan keunggulannya masing masing.
3.2 Saran
Chatting adalah media komunikasi yang sangat digunakan saat ini.Selain murah dan efisien,Chatting juga sangat cepat namun,hasil positif dan negative dari chatting itu sendiri tergantung kepada kita sendiri.Akankah kita menggunakannya untuk kegiatan yang produktif atau justru kita gunakan untuk menutup diri kita dari dunia nyata.Oleh karena itu kita harus bisa mengambil langkah positif dalam menggunakan media chatting tersebut

DAFTAR PUSTAKA


Chatting
Hadi, M.S. (2008). Raja Blog. Surabaya: Tiara Aksa.
Team Cyber. (2008). 30 menit jago chatting. Jakarta: PT. Buku Kita.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar